Senin, 21 Februari 2011

Ternyata monyet juga 'tidak pe-de'



Sekelompok monyet yang dilatih untuk bermain ketangkasan komputer ternyata juga bisa merasa tidak percaya diri, menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Ilmuwan AS menemukan bahwa kelompok monyet tersebut lebih suka memilih untuk tidak menjawab pertanyaan daripada memilih jawaban yang tidak pasti dalam sebuah tes tebak-tebakan.

Hal ini bertentangan dengan pendapat luas yang mengatakan bahwa kesadaran pikiran adalah kwalitas yang hanya dimiliki manusia.

Penelitian ini dilakukan oleh Professor John David Smith, dari Universitas Negeri New York di Buffalo dan Michael Beran dari Universitas Negeri Georgia.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan di pertemuan AAAS ( Asosiasi Amerika Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan) di Washington DC.

Dalam penelitian tersebut mereka melatih sejumlah monyet untuk menggunakan ketangkasan komputer dengan joystick.

Mereka dilatih untuk menilai kepadatan titik piksel di sebuah layar, dengan dua pilihan yaitu jarang (Sparse) atau padat (Dense)

Untuk menebak jawaban, mereka cukup menggerakan kursor ke huruf S (Sparse) atau ke huruf D (Dense) .

Bila monyet itu menebak jawaban yang benar, mereka mendapat hadiah berupa makanan.

Para monyet tidak dihukum bila mereka salah menjawab namun permainan dihentikan sementara selama beberapa detik, sehingga para monyet kehilangan kesempatan untuk mendapatkan makanan.

Namun mereka juga dikasih pilihan ketiga yaitu tanda tanya, yang artinya tidak menjawab dan melewati pertanyaan.

Bila mereka mengambil pilihan ketiga maka permainan dilanjutkan tanpa jeda namun mereka tetap tidak mendapat hadiah.

Para ilmuwan melihat bahwa kelompok monyet itu mempunyai reaksi yang sama seperti manusia ketika harus dihadapi oleh sebuah pertanyaan yang sulit, maka mereka akan memilih untuk melewati pertanyaan tanpa menjawab.

Dr Smith memutar gambar video para monyet yang sedang melakukan permainan komputer itu.

"Sepertinya monyet juga bisa sadar bila mereka akan membuat kesalahan," Dr Smith mengatakan kepada BBC News.

"Para monyet sepertinya juga tahu bila mereka tidak tahu," ujar Dr Smith.

Hasil penelitian yang dipresentasikan di pertemuan AAAS ( Asosiasi Amerika Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan) di Washington DC.

0 komentar:

Posting Komentar